Pantangan Untuk Penderita Diabetes

Pantangan Untuk Penderita Diabetes

 

Pantangan Untuk Penderita Diabetes

Pantangan Untuk Penderita Diabetes

 

Diabetes kini tidak hanya menyerang kaum tua saja, namun kaum muda pun bisa terkena penyakit ini. Jika kaum muda memiliki faktor risiko untuk terkena penyakit ini, tentu saja saat muda pun dia bisa terkena penyakit ini.

Penyakit Diabetes merupakan penyakit yang familiar, namun di Indonesia orang hanya kenal dengan diabetes melitus saja. Padahal di Indonesia ada berbagai macam penyakit diabetes yang harus diketahui. Diabetes adalah penyakit saat kondisi tubuh seseorang tidak bisa menghasilkan insulin. Insulin adalah sebuah hormon yang mengatur gula darah seseorang. Kadar insulin pada penderita diabetes tidak mencukupi atau jumlahnya kurang sehingga hormon insulin itu tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Pengobatan secara medis akan memberikan suntik insulin bagi penderita diabetes seumur hidupnya.

Apakah Diabetes Itu?

Diabetes adalah kelainan metabolisme di mana terdapat kenaikan kadar gula darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau sel-sel di dalam tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Padahal, insulin adalah hormon yang berperan penting dalam membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Gejala-gejala yang dapat terjadi pada penderita diabetes adalah mudah lelah, cepat lapar, cepat haus, buang air kecil lebih sering daripada biasanya, mulut kering, kulit gatal, dan penglihatan kabur. Pengaturan asupan makanan adalah salah satu penanganan pada penderita diabetes selain latihan jasmani dan pemberian obat-obatan.

Berikut ini berbagai jenis diabetes yang ada di indonesia :

  • Diabetes Tipe Satu
    Diabetes ini merupakan kondisi dimana tubuh tidak bisa memproduksi kadar insulin sama sekali. Penderita diabetes dengan tipe satu ini harus menjalani pengobatan berupa suntik insulin agar tubuhnya bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup. Diabetes dengan tipe ini, penderitanya biasanya adalah anak-anak dan juga remaja yang telah memiki faktor risiko diabetes. Bisa Anda bayangkan, masih muda dan anak-anak sudah terkena penyakit ini. Masa depan mereka masih panjang, namun sepanjang hidup mereka mereka harus melakukan suntik insulin. Oleh sebab itu pencegahan terhadap penyakit ini adalah hal terbaik yang bisa dilakukan.
  • Diabetes Tipe Dua
    Pada diabetes tipe ini, tubuh tidak dapat memproduksi kadar insulin yang cukup sehingga insulin tidak dapat berfungsi pada tubuh. Jadi bisa dikatakan jika penderita diabetes dengan tipe ini tubuh sudah memproduksi insulin namun jumlahnya tidak cukup, sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya.

Proses Terjadinya Diabetes

Seseorang harus tahu bagaiman diabetes bisa masuk ke dalam tubuh seseorang. Dengan begitu banyak orang bisa menghindari penyakit diabetes masuk ke dalam tubuhnya. Berikut ini proses terjadinya diabetes di dalam tubuh:

  • Orang dengan faktor risiko diabetes telah memiliki gen atau keturunan untuk terkena penyakit ini. Gen yang ada di dalam tubuh orang tersebut akan berkerja saat dia tidak bisa mengontrol gula darahnya.
  • Saat gula darah tidak terkontrol, pankreas mulai kehilangan fungsinya. Hal itu dikarenakan sel-sel di pankeras mulai rusak dan mengakibatkan pankreas tidak bisa memproduksi insulin atau memproduksi sedikit insulin.
    Insulin yang menurun akan menyebabkan gula darah tidak bisa diubah menjadi glikogen. Glikogen ada di liver dan otot, jika glikogen tidak ada bisa menyebabkan kadar gula di dalam darah meningkat tajam. Pankreas pun akan memproduksi insulin lebih banyak, namun kualitas insulin yang dihasilkan memiliki kualitas yang rendah.

Tentang Diabetes

apa itu diabetes ?

apa itu diabetes ?

 

Bahaya Penyakit Diabetes

Jangan anggap remeh penyakit yang satu ini. Diabetes bisa menyebabkan kerusakan tubuh secara permanen dan menyebabkan berbagai penyakit kronis lainnya.

Berikut ini beberapa akibat dari penyakit diabetes :

  • Amputasi. Diabetes bisa menyebabkan luka tidak mudah mengering. Oleh sebab itu penderita diabetes tidak boleh luka sedikitpun ketika penyakitnya kambuh. Sebab lukanya tidak akan mudah mengering malah akan terus membusuk dan menyebar. Agar luka tidak menyebar lebih luas, amputasi adalah salah satunya jalan terbaik.
  • Gangguan Ereksi. Pria dengan penyakit ini akan terkena gangguan ereksi, karena insulin yang tidak bekerja dengan baik mempengaruhi sistem syaraf pada vitalitas pria.
  • Stroke Dan Kerusakan Syaraf Pankreas yang memproduksi insulin lebih banyak namun dalam kualitas rendah menyebabkan sel-sel endotel dalam pembuluh darah mengalami kerusakan.

Penyebabnya adalah :

  • Kerusakan endotel bisa memicu gumpalan-gumpalan darah bisa menempel pada dinding pembuluh darah.
    Dari waktu ke waktu gumpalan darah akan menebal sehingga menyebabkan pembuluh darah akan semakin kaku dan juga menyempit.
  • Pembuluh darah yang menyempit dan kaku bisa menyebabkan penyakit stroke dan syaraf menjadi rusak.
  • Sakit Jantung. Sama halnya dengan penyebab stroke, diabetes menyebabkan kerusakan endotel yang bisa menyebabkan darah menggumpal dan menempel pada dinding pembuluh darah. Akibatnya pembuluh darah akan kaku dan menyempit. Jika gumpalan darah itu menempel pada pembuluh darah di jantung, akibatnya aliran darah ke jantung akan tersumbat dan menyebabkan penyakit jantung.
  • Gagal Ginjal. Orang yang sering buang urin setiap malam menandakan bahwa kerja ginjal terganggu. Jika hal tersebut terjadi terus menerus, akibatnya adalah gagal ginjal.
    Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Pantangan diabetes tidak hanya dari segi makanan saja, namun dari segi minuman juga banyak yang menjadi pantangan. Banyak pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Nasi Putih
    Nasi putih tidak boleh dionsumsi oleh penderita diabetes. Tahukah Anda apa alasannya nasi putih tidak boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes?. Coba rasakanlah nasi putih, pasti Anda akan merasakan ada rasa manis di dalamnya. Rasa manis tersbut dihasilkan dari zat glukosa yang ada di dalamnya. Jika ingin mengkonsumsi nasi putih sebaiknya harus ditanak sampai berkali-kali agar rasa manis dan kandungan glukosanya hilang. Bagi yang ingin tetap makan nasi, nasi merah jauh lebih baik daripada nasi putih.
  • Berbagai Olahan Tepung
    Banyak olahan dari tepung yang tidak boleh dikonsumsi. Hal itu dikarenakan dalam tepung memiliki kadar glukosa dan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat pada dasarnya tidak boleh dikonsumsi penderita diabet, karena karbohidrat bisa memicu gula darah naik dengan cepat. Olahan tepung yang tidak boleh dikonsumsi adalah sebagai berikut :
  • Berbagai macam mie. Mie tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena berbagai macam mie terbuat dari olahan tepung. Mie dengan jenis bihun tidak boleh dikonsumsi karena bihun terbuat dari beras dan jagung. Beras dan jagung merupakan sumber karbohidrat tinggi.
    Roti tawar tidak boleh dikonsumsi. Meski rasanya tawar, namun proses pembuatannya menggunakan tepung terigu dengan karbohidrat tinggi dan juga menggunakan mentega yang tinggi lemak.
  • Makanan Berminyak Dan Berlemak
    Makanan dengan lemak jenuh tidak boleh dikonsumsi karena mengandung lemak tinggi. Lemak tidak baik untuk penderita diabetes. Lemak bisa memperlambat pankeras untuk memproduksi insulin. Akibatnya kadar insulin di dalam tubuh akan terus menurun.
  • Berbagai Macam Kue
    Kue tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Alasannya adalah sebagai berikut ini : Kue terbuat dari tepung terigu. Sudah dikatakan sebelumnya jika tepung terigu merupakan sumber karbohidrat tinggi yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kue dengan bahan dasar tepung gandum lebih baik karena tinggi serat, tidak mengandung lemak dan kolesterol. Kue memiliki glukosa tinggi sehingga bisa memicu kadar gula di dalam tubuh meningkat. Kue terbuat dari mentega dan telur. Telur dan mentega mengandung lemak dan kolesterol tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.
  • Junk Food
    Junk food tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena nutrisinya tidak cukup bagi penderita diabetes. Selain itu junk food memiliki pengawet tinggi, lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Junk food juga bisa membuat orang mudah cepat gemuk, orang yang gemuk memiliki risiko lebih besar untuk terkena diabetes. Orang gemuk dan pola makan buruk bisa membuat kadar gula cepat naik.
  • Permen
    Siapa yang tidak suka permen, dengan rasa manis dominan membuat siapapun menyukainya. Permen merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi karena bisa memicu gula darah menjadi naik.

 

Berikut ini bahan dasar pembuat permen yang membuat kadar gula menjadi naik :

  • Gula tinggi sehingga rasanya cenderung manis.
    Banyak permen yang mengkombinasikan dengan campuran terigu di dalamnya. Misalnya saja permen rambut.
  • Di dalam sirup terdapat kandungan gula dan juga pemanis buatan yang tidak boleh dikonsumsi oleh tubuh.
  • Buah Tertentu . Buah mengandung glukosa alami yang bisa meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.

Ada berbagai macam jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi. Buah tersebut adalah :

  1. Sirsak mengandung gula yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes.
  2. Pisang raja dan emas memiliki rasa manis yang dominan. Buah ini ternyata memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi, sehingga terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini bisa menaikkan berat badan secara cepat. 100 gram pisang emas atau sebanyak 4 buah pisang emas mengandung 130 kalori. Cukup tinggi bukan?.
  3. Duku, Rambutan dan Anggur. Ketiga buah tersebut rasanya sangat manis. Namun di dalam buah tersebut memiliki kandungan gula tinggi. Khusus anggur selain kadar gulanya tinggi juga mengandung alkohol tinggi.
  4. Kurma memang manis, namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung gula yang tinggi. Dalam kurma mengandung glikemik. Glikemik itu adalah kandungan gula di atas glukosa murni. Batas glukosa adalah 100 sedangkan glikemik kurma adalah 103 sehingga kandungan glukosanya jauh lebih tinggi.
  5. Durian memiliki kalori dan gas yang tinggi. Selain tidak baik untuk penderita asam lambung, durian tidak baik untuk penderita diabetes.
  6. Semangka memiliki kandungan glukosa tinggi. Anda bisa merasakan dari rasa manisnya yang dominan. Glikemik pada semangka adalah 100.
  7. Kismis dan buah-buahan yang dikeringkan tidak boleh dikonsumsi karena akan menyebabkan lonjakan gula darah. Hal itu dikarenakan glikemik atau gula buah bisa terkonsentrasi dengan gula darah, sehingga gula darah bisa langsung meresap ke dalam tubuh.
  8. Manisan buah baik basah maupun kering memiliki kandungan gula yang tinggi.

Jenis buah-buahan yang aman dikonsumsi penderita diabetes

Sayuran aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes

sayur dan buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes

sayur dan buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes

 

  • Pancake
    Pancake biasanya terbuat dari tepung terigu dengan kualitas rendah. Pancake juga terbuat dari mentega yang bisa menyebabkan penyumbatan arteri karena lemak jenuh di dalamnya.
  • Olahan Kentang
    Kentang merupakan sumber karbohidrat tinggi. Olahan kentang seperti keripik kentang menyebabkan gula darah menjadi naik. Apalagi keripik kentang yang digoreng dengan mentega ataupun minyak yang mengandung lemak jenuh.
  • Snack
    Berbagai macam snack tidak boleh dikonsumsi karena mengandung kalori tinggi. Terutama snack yang terbuat dari kentang dan jagung. Snack juga mengandung gula, sodium, tepung terigu berkualitas rendah dan tinggi pengawet. Bahan-bahan tersebut menghambat kinerja insulin.
  • Daging Merah
    Sama halnya dengan pantangan kolesterol tinggi, daging merah memiliki tinggi lemak yang juga berbahaya bagi kesehatan termasuk diabet. Lemak bisa mempercepat penyumbatan pembuluh darah di jantung sehingga bisa membuat penderita diabetes terkena komplikasi. Daging ikan lebih baik dibandingkan dengan daging merah.

 

Minuman juga ada yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Minuman yang menjadi pantangan adalah sebagai berikut ini :

  • Minuman Manis. Minuman seperti kopi, teh dan berbagai jenis minuman yang tinggi gula tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena bisa membuat kadar gula meningkat cepat. Teh dengan rasa tawar dan kopi hitam rasa pahit lebih baik dibandingkan dengan teh manis, kopi susu, kopi moca dan berbagai macam kopi yang mengandung gula di dalamnya.
  • Soda. Soda merupakan minuman yang harus dihindari karena bahaya minuman soda sangat mematikan dan pemicu diabetes. Banyak penderita diabetes yang anfal karena mengkonsumsi soda yang berlebihan. Soda memiliki kadar karbonat, gula, sirup dan pemanis buatan yang tinggi. Bahan-bahan itu bisa membuat gula darah naik dengan cepat.
  • Minuman Energy. Bahaya minuman energi sangat mematikan, namun ironisnya di Indonesia banyak sekali jenis minuman energi yang dijual dan diiklankan. Minuman energi tidak bisa dikonsumsi karena mengandung gula aditif yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat.
  • Pemanis Buatan. Pemanis buatan yang dicampurkan ke dalam minuman tidak boleh dikonsumsi. Alsannya adalah :
    Pemanis buatan merupakan zat aditif yang lebih berbahaya dibandingkan dengan glukosa murni dalam gula.
    Pemanis buatan ini bisa mempengaruhi terhadap sensitivitas insulin, memperlambat pembakaran kalori dan kolesterol di dalam tubuh sehingga membuat lemak menumpuk.
  • Sirup. Sirup mengandung pemansi buatan dan perasa buah yang sangat tinggi akan glukosa.
    Jus Buah. Meminum jus buah tidak dianjurkan meski tidak dicampurkan dengan gula namun di dalam buah mengandung glikemik. Apalagi jika jus buah dalam kemasan. Jus buah dalam kemasan tinggi glukosa dan pemanis buatan.
  • Olahraga Berat Tidak Boleh Bagi Penderita Diabetes . Olahraga memang baik bagi kesehatan, namun olahraga berat tidak diperbolehkan bagi penderita diabetes. Olahraga berat seperti
  1. Bersepeda (track jauh dan sulit),
  2. angkat besi dan
  3. berlari akan menguras banyak tenaga.

Penderita diabetes memerlukan waktu yang lama untuk bisa memulihkan energinya, sehingga setelah berolahraga penderita diabet malah akan merasakan lemas dan lesu. Karena alasan itulah, olahraga berat menjadi pantangan diabetes.

Pantangan untuk penderita diabetes

Cara mengobati Diabetes dengan alami

Pantangan Diabetes yang Harus Diperhatikan

Bagi penderita diabetes, asupan makanan sangat berpengaruh. Inilah daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi pasien diabetes.

Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga, tapi hindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.

Sebaliknya, pilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.

Protein

Pantangan diabetes berikutnya adalah daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. Para penderita diabetes bisa mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

Produk susu

Produk susu yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi produk susu, seperti susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman dan buah-buahan

Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi memiliki kadar lemak yang rendah.

Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). Selain air putih, para penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.

Sayuran

Sayuran adalah sumber serat yang baik untuk kesehatan. Pilihlah sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.

Hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega. Selain itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang sudah ditambahkan banyak garam dari menu sehari-hari. Jika penderita diabetes memiliki tekanan darah tinggi, hindari sayuran yang sudah dijadikan acar.

Bagaimana Jika Penderita Diabetes Tetap Mengonsumsi Makanan Pantangan?

Jika penderita diabetes tetap mengonsumsi makanan yang seharusnya dipantang, gula darah dapat mengalami lonjakan. Akibatnya, bisa terjadi berbagai komplikasi, misalnya meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular dan kerusakan saraf. Penyakit kardiovaskular yang dapat diderita antara lain serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah.

Kerusakan saraf dapat menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, mati rasa, hingga nyeri. Rasa ini dapat menyebar hingga ke kaki bagian atas. Komplikasi ini terjadi karena kadar gula yang tinggi dapat melukai dinding kapiler (pembuluh darah kecil) yang berfungsi menyehatkan saraf, terutama di bagian kaki. Jika kerusakan saraf terjadi di bagian pencernaan, dapat menyebabkan diare dan sembelit. Disfungsi ereksi juga dapat terjadi pada pria akibat adanya persarafan yang rusak.

Asupan makanan sehat dapat membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Oleh karena itu, apabila Anda mengidap diabetes, sebaiknya hindari makanan pantangan diabetes.

You may also like...